4 Sifat Dasar Manusia -- Termasuk golongan apakah watak anda?

Empunya febri ramadana

1. Golongan Sanguinis, "Yang Populer"

Mereka ini cenderung ingin popular , ingin disenangi oleh orang lain. Sangat humoris dan suka memulai sebuah percakapan. Hidupnya penuh dengan bunga warna-warni. Pergejolakan emosinya bergelombang dan transparent. Pada suatu masa dia bergembira dan adakalanya menangis tersedu-sedu.

Orang-orang sanguinis ini juga termasuk golongan pelupa, sulit berkonsentrasi, cenderung berpikir `pendek', dan hidupnya serba tak beratur. Kemungkinan besar ia pun kurang mampu berdisiplin dengan waktu, sering lupa p
ada janji apalagi time planning sesuatu hal.

Namun kalau disuruh melakukan sesuatu, ia akan dengan cepat mengiyakannya dan terlihat sepertinya betul-betul hal itu akan ia lakukan. Dengan semangat sekali ia ingin buktikan bahwa ia bisa dan akan segera melakukannya. Tapi percayalah, beberapa hari kemudian ia tak lakukan apapun juga.

Agan-agan nggk akan menyesal berteman dengan orang dengan sifat sanguinis, mereka akan dengan cepat mencairkan suasana sedih anda.

2. Golongan Melankolis, "Yang Sempurna"

Mereka cenderung serba teratur, rapi, terjadwal, tersusun sesuai pola. Umumnya mereka ini suka dengan fakta-fakta, data-data, angka-angka dan sering sekali memikirkan segalanya secara mendalam . Dalam sebuah pertemuan, orang sanguinis selalu saja mendominasi pembicaraan, namun orang melankolis cenderung menganalisa, memikirkan,mempertimbangkan, lalu kalau bicara pastilah apa yang ia katakan betul-betul hasil yang ia pikirkan secara mendalam sekali.

Orang melankolis selalu ingin serba sempurna. Segala sesuatu ingin teratur. Kerana itu jangan heran jika anda yang `melankolis' tak boleh tidur hanya gara-gara selimut yang membaluti tubuhnya. Dan jangan pula coba-coba mengubah barang-barang teman `melankolis' anda, sebab dia ingat betul warnanya, jenisnya, dan bagaimana tata letaknya. Kalau perlu dituliskan satu per satu tempat setiap jenis pakaian tersebut. Ia akan marah kalau susunan itu tiba-tiba jadi lain.

3. Golongan Koleris, "Yang Kuat"

Mereka ini suka sekali mengatur orang, suka tunjuk-tunjuk atau perintah-perintah orang . Ia tak ingin ada penonton dalam aktivitasnya. Bahkan jika ada seorang tamu berkunjung kerumahnya, dia akan menyuruh melakukan sesuatu untuknya. Akibat sifatnya yang `bossy' itu membuat banyak orang koleris tak punya banyak teman. Dan kecenderungan sifat ini bisa agan manfaatkan untuk menjadi seorang 'Pemimpin' dalam sebuah kelompok. Sifat koleris sangatlah tepat untuk dijadikan Pemimpin, mereka punya tanggung jawab untuk apa yang di pimpin'nya.

Orang koleris senang dengan tentangan, suka petualang. Mereka punya rasa, "hanya saya yang bisa menyelesaikan segalanya, tanpa saya semua tak akan berhasil". Kerana itu mereka sangat "goal oriented", tegas, kuat, cepat dan tangkas mengerjakan sesuatu. Baginya tak ada istilah tidak mungkin. Seorang wanita koleris, mau dan berani naik tebing, memanjat pohon, bertarung ataupun memimpin peperangan. Kalau ia sudah kobarkan semangat "ya pasti jadi." maka hampir dapat dipastikan apa yang akan ia lakukan akan tercapai seperti yang ia katakan. Sebab ia tak mudah menyerah, tak mudah pula mengalah.

4. Golongan Phlegmatis "Cinta Damai"

Kelompok ini tak suka terjadi konflik, kerana itu disuruh apa saja ia mau lakukan, sekalipun ia sendiri tidak suka. Baginya kedamaian adalah segala-galanya. Jika timbul masalah atau pertengkaran, ia akan berusaha mencari jalan damai tanpa timbul pertengkaran. Biar rugi sedikit atau rela sakit, asalkan masalahnya tidak terus berkepanjangan.

Kaum phlegmatis kurang bersemangat, kurang teratur dan serba dingin. Cenderung diam dan kalau menyelesaikan masalah umumnya sangat menyenangkan. Dengan sabar ia mau jadi pendengar yang baik, tapi kalau disuruh untuk mengambil keputusan ia akan terus menunda-nunda. Kalau anda lihat tiba-tiba ada sekelompok orang berkerumun mengelilingi satu orang yang asyik bercakap, maka pastilah para pendengar yang berkerumun itu orang-orang phlegmatis. Sedang yang bercakap tu tentu saja sang Sanguinis.

Kadang sedikit serba salah berurusan dengan para phlegmatis ini. Ibarat tukul dengan pahat , "sekali ketuk sekali jalan, kalau tak ketuk tak jalan". Jadi kalau anda punya staf atau pegawai phlegmatis, Anda harus rajin memotivasinya sampai ia termotivasi sendiri oleh dirinya.

Berbahagialah agan-agan bila agan mempunyai seorang teman bersifat phlegmatis, mereka akan jadi tempat curhat yang sangat sempurna. Apalagi buat para aganwati-aganwati, pan cewek sukanya yang mendalam-mendalam.
Selain itu bila anda seorang phlegmatis, maka anda akan sulit untuk mentukan termasuk golongan apakah sifat anda

Share
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...