Mainan Jaman SD yang Ngangenin

Empunya febri ramadana

Waktu SD pasti agan sering banget main sama temen-temen. Malah kadang banyakan mainnya daripada belajarnya. ane punya beberapa mainan yang pasti kamu kangenin banget buat dimainin lagi bareng temen-temen SD dulu.

1. Baju-bajuan
Tuker-tukeran baju boneka sama temen dan bikin perabot rumah tangga dari kardus pasta gigi.


2. Parasut
Rela naik ke lantai atas rumah, atas pohon, bahkan genteng buat nerbangin mainan parasut ini.



Baca SelengkapnyaMainan Jaman SD yang Ngangenin

Gambar Lucu

Empunya febri ramadana




Baca SelengkapnyaGambar Lucu

Hal-Hal Sepele yang Bikin Mendadak Bahagia

Empunya febri ramadana



Banyak hal sepele di kehidupan ini bisa bikin kamu mendadak bahagia, antara lain:

1. Orang yang ditaksir nyapa kamu

Gak usah di kehidupan nyata, bahkan di internet pun, kalau disapa sama orang yang kamu taksir bisa mendadak bikin kamu senyum seharian. Bahkan gak usah disapa, disenyumin aja udah kelepek-kelepek.


2. Buka kaos kaki setelah seharian sekolah

Apalagi pas Senin, paginya abis upacara, keringetan, pulang-pulang buka kaos kaki terus pas kaki kena air rasanya plong abis. Catatan: hati-hati pingsan oleh bau kaki sendiri.
Baca SelengkapnyaHal-Hal Sepele yang Bikin Mendadak Bahagia

Menyelamatkan bumi dengan memilih makanan ramah lingkungan

Empunya febri ramadana

Sebenarnya banyak sekali cara yang dapat dilakukan untuk menjaga bumi kita. Kita, sebagai masyarakat umum, sebagian besar mendapatkan informasi tersebut melalui artikel, berita, dan iklan masyarakat pada media massa. Selama ini yang seringkali diinformasikan adalah cara-cara umum, mulai dari cara yang paling simpel atau berskala individu (seperti hemat listrik, hemat air, kurangi penggunaan plastik dll) hingga ke skala nasional bahkan dunia (seperti mencegah adanya konversi kawasan konservasi hutan). Namun tanpa disadari, sebenarnya dari kebutuhan dasar pun, yaitu dari “apa yang kita pakai” (sandang), “apa yang kita makan” (pangan)” dan “bagaimana tempat tinggal kita” (papan) pun, kita dapat berkontribusi terhadap ‘kesehatan’ bumi kita. Pada thread ini, saya ingin menekankan pada “apa yang kita makan”, karena makan adalah kegiatan yang kita lakukan sehari-hari, namun banyak orang (termasuk saya) yang tidak memperhatikan apa yang mereka makan, dari mana makanan tersebut berasal serta bagaimana makanan tersebut diproses, padahal kesemuanya itu jika ditelusuri lebih dalam memiliki dampak yang cukup besar terhadap bumi. Bahkan seringkali makanan-makanan yang kita makan adalah makanan yang paling merusak (baik dari bahan maupun kemasannya).



Merubah cara makan dapat menjadi salah satu cara yang paling krusial (sekaligus tricky) dalam menjaga bumi kita. Sebenarnya tidak banyak usaha yang perlu kita lakukan. Lihat saja cara-cara simpel ini :

 
1.Membeli makanan lokal


Kenapa ?
Baca SelengkapnyaMenyelamatkan bumi dengan memilih makanan ramah lingkungan

10 Kecelakaan Paling Mahal Dalam Sejarah

Empunya febri ramadana

10 Kecelakaan Paling Mahal Dalam Sejarah. Sepanjang sejarah, manusia cenderung akan menemui kecelakaan. Berikut ini adalah 10 kecelakaan paling mahal dalam sejarah yang dihitungkan dengan kurs dolar. Didalamnya termasuk kerusakan milik pribadi serta pengeluaran yang dihasilkan saat pembuatan. Namun, kejadian seperti perang atau terorisme dan musibah alami tidak mengkwalifikasikan kecelakaan dan oleh karena itu tidak termasuk di daftar ini.

1. Titanic ($150 Million)
Mungkin Titanic merupakan kecelakaan paling terkenal di dunia. Pada 15 April 1912, Titanic tenggelam di pelayaran perdananya dan dianggap salah satu maskapai laut termewah yang pernah dibuat. Terdapat 1.500 orang tewas setelah kapal menabrak gunung es dan berada diperairan yang dingin. Titanic dibuat dengan biaya 7 juta dolar (150 juta di dolar masa kini).

2. Tanker Truck vs Bridge ($358 Million)
26 Agustus 2004, sebuah mobil menabrak truk tanker yang memuat 32.000 liter bahan bakar di Wiehltal Bridge, Germany. Truk tanker hancur setelah menerobos pagar dan terjatuh dari bukit setinggi 90 kaki, kemudian berhenti di A4 Autobahn yang menghasilkan letusan sangat besar dan api yang menghancurkan konstruksi jembatan. Tercatat biaya untuk perbaikan serharga 40 juta dolar dan ongkos pembangunan kembali jembatan diperkirakan 318 juta dolar.


Baca Selengkapnya10 Kecelakaan Paling Mahal Dalam Sejarah

10 Bahan campuran makanan yg paling aneh

Empunya febri ramadana

Makanan bagi sebagian orang adalah kesenangan, bagi sebagian yang lain – seperti yang sedang menjalani diet ketat – adalah kutukan, tetapi bagaimana pun makanan dibutuhkan seumur hidup kita.

Sebagian besar dari kita mengetahui apa yang sedang dimakan – terutama kalau kita memasaknya sendiri di rumah. Tapi bagaimana dengan makanan di luar sana? Di warung, rumah makan atau restoran hotel berbintang atau makanan buatan pabrik, di mana makanan sudah tersaji di hadapan kita, dan kita tidak mengetahui bahan-bahan apa yang telah dicampurkan di dalam makanan kita!! Seperti 10 bahan aneh dalam makanan!

Anda mungkin telah percaya penuh kepada koki profesional dengan keahlian tingkat tingginya dalam mengolah makanan, dan pasti tidak terpikir kalau mereka mencampurkan bahan-bahan aneh, atau mungkin tidak masuk akal ke dalam makanan Anda. Tapi setelah mengetahui beberapa bahan makanan paling aneh dan ekstrim berikut ini, yang telah benar-benar dipergunakan pada makanan-makanan saat ini, Anda pasti akan berpikir, apakah yang sedang saya makan ini?

1. Emas
Emas adalah logam mulia yang paling indah di dunia. Selain sebagai bahan perhiasan yang sangat dicintai wanita, bahan emas juga dipergunakan pada bagian tertentu dari elemen untuk elektronika. Tapi tahukan Anda kalau emas juga menjadi bahan penghias untuk makanan dan minuman dengan kode E Nomor E175.
Emas sangat populer sebagai bahan tambahan pada minuman beralkohol seperti pada liqueur tradisional dari Jerman dan Polandia yang disebut Goldwasser (Goldwater) yang berisi ribuan lapisan emas kecil. Emas tidak bereaksi dalam kimia tubuh, dengan demikian emas hanya lewat dan tidak berpengaruh pada tubuh serta tidak memiliki nilai nutrisi.
Baca Selengkapnya10 Bahan campuran makanan yg paling aneh

10 Bencana Teraneh di Dunia

Empunya febri ramadana

10. Amukan Gajah Hutan Chandka

Pada musim semi 1972, Area Hutan Chandka di India – yang sudah dilanda kekeringan- diserang gelombang bahang juga. Gajah lokal, yang biasanya tidak menjadi masalah, menjadi gelisah karena suhu yang tinggi dan kurangnya air. Pada musim panas situasi semakin buruk. Puncaknya pada 10 juli, Segerombolan gajah-gajah mengamuk dan menyerang 5 desa, meninggalkan kerusakan besar-besaran.

9. Peracunan Massal di Basra

Bulan September 1971 pengiriman 90,000 metrik ton biji gandum tiba di pelabuhan Irak Basra. Jewawut Amerika dan gandum meksiko- yang telah diproses secara kimia dengan methyl-mercury untuk mencegah pembusukan- disemprot pink untuk mengindikasi bahwa sangat beracun dan tulisan peringatan tercetak jelas di bungkusnya- Cuma dalam bahasa Inggris dan Spanyol. Sebelum didistribusikan ke petani, ternyata sudah dicuri dari dok dan dijual sebagai makanan ke penduduk yang kelaparan. Pemerintah Irak, malu atas kealpaan ini, singkat cerita dan tidak sampai dua tahun wartawan Amerika melaporkan bukti 6,530 rumah sakit menangani kasus keracunan merkuri. Pejabat pemerintah mengakui 459 meninggal, namun jumlah sebenarnya diperkirakan sekitar 6,000 dengan 100.000 lainnya menderita efek permanen seperti kebutaan, tuli dan kerusakan otak.

Baca Selengkapnya10 Bencana Teraneh di Dunia

Walls of Stone, Tembok Raksasa Terpanjang di Eropa

Empunya febri ramadana

Selama ini jika kita mendengar istilah tembok raksasa atau great wall, yang terbayang di benak kita adalah tembok raksasa di China. Tapi tahukah kamu bahwa sebuah kota kecil di Kroasia telah menyimpan sebuah rahasia.


Sebuah tembok yang berusia ratusan tahun yang merupakan tembok raksasa terpanjang di Eropa dan merupakan terpanjang kedua di dunia. Tapi saat ini masih sedikit orang yang mendengar tentang Walls of Ston ini.

Baca SelengkapnyaWalls of Stone, Tembok Raksasa Terpanjang di Eropa

Laptop Lawas

Empunya febri ramadana

1.September tahun 1975 IBM Portable PC 5100


Model 5100 adalah pertama dari IBM microcomputer, yaitu tidak Mainframe,dan juga dianggap pertama di dunia komputer portabel. Meskipun beratnya 55 pounds, mungkin terbaik digambarkan sebagai “serbalengkap” yang terdapat pada “portable” saat itu.

Terdapat sedikit sekali komputer lain yang tersedia pada saat itu, danbahkan tidak ada yang dekat dengan kemampuan dari 5100. Ia adalah sistemyang sangat lengkap – dengan built-in monitor, keyboard, dan penyimpanandata. 5100 juga sangat mahal – sampai US $ 20.000 atau seharga RP 214,000 pada saat itu . 5100 yang dirancang khusus untuk profesional dan ilmiahmasalah-solvers, bukan bisnis atau pengguna hobbyists.
Baca SelengkapnyaLaptop Lawas

Fakta mengenai kemajuan teknologi

Empunya febri ramadana

Perubahan terus terjadi dan apakah Anda mengetahui ke arah mana perubahan itu di masa mendatang? Berikut ini, mungkin sebagai informasi dasar yang mengingatkan Anda tentang berbagai fakta mengenai perubahan itu.

Fakta Pertama,

50% orang Amerika berusia yang 21 tahun telah membuat halaman web, dan lebih dari 70% anak Amerika berusia 4 tahun telah menggunakan komputer.

Fakta Kedua,

Media berikut ini membutuhkan waktu untuk mencapai 50 juta penggunanya:

Radio – 38 tahun
TV – 13 tahun
Internet – 4 tahun
iPod – 3 tahun, dan
Facebook – hanya 2 tahun

Fakta Ketiga,
Baca SelengkapnyaFakta mengenai kemajuan teknologi

Fakta Unik Tentang Ponsel

Empunya febri ramadana


Ponsel, HP, atau telepon genggam sudah menjadi barang kebutuhan pokok masyarakat kita. Tingkat penetrasinya pun mengalahkan telepon tetap (itu lo telepon yang nongkrong di rumah-rumah yang masih menggunakan kabel) yang hanya berkisar pada angka 4%. Kalau digabung dengan fixed wireless (macam pengguna CDMA gitu deh) hanya berkutat pada angka kurang dari 15%. Bandingkan dengan pengguna telepon seluler (pengguna GSM) yang hampir mencapai angka 30% dari total penduduk Indonesia! Tentu itu merupakan angka yang sangat fantastik, mengingat pengembangan telepon tetap telah berlangsung selama puluhan tahun, sedangkan ponsel hanya butuh 10 tahun untuk menyentuh angka 25%. Berikut ini adalah sisi unik dan fakta-fakta menarik dari device yang sangat fenomenal ini:

1. Operator telekomunikasi dengan jumlah pelanggan terbesar di dunia ternyata di pegang oleh China Mobile. Pelanggannya mencapai 200 juta orang lebih. Melampaui posisi Vodafone yang memiliki pelanggan sekitar 186 juta orang.

Baca SelengkapnyaFakta Unik Tentang Ponsel

WC dr masa ke masa

Empunya febri ramadana










Baca SelengkapnyaWC dr masa ke masa

Cara Menghack Tubuh Manusia

Empunya febri ramadana

1. Jika tenggorokanmu gatal, garuk telingamu

“Jika saraf dekat telinga distimulasi, bisa menciptakan reflek di tenggorokan yang mampu menghasilkan kejang otot ” kata Scott Schaffer, M.D., presiden dari pusat spesialis THT di Gibbsboro, New Jersey. “Kejang ini bisa menghilangkan rasa gatal.”

2. Rasakan pendengaran supersonik

Jika anda terjebak di tengah ramainya orang ngobrol di pesta, condongkan tubuh dengan telinga kanan ke depan. Telinga kanan lebih baik daripda telinga kiri dalam hal mengikuti ritme obrolan yang cepat, menurut peneliti dari UCLA David Geffen School of Medicine. Sebaliknya, jika and aingin mengidentifikasi lagu yang dimainin dengan lembut di elevator, gunakan bagian kiri telinga, ini lebih baik dalam memilah nada musik.

3. Hilangkan rasa sakit

Peneliti Jerman telah menemukan bahwa batuk saat disuntik bisa mengurangi rasa sakit dari jarum suntik. Menurut Taras Usichenko, pengarang ‘mempelajari fenomena’, trik ini menyebabkan kejutan, kenaikan sementara tekanan di dada dan kanal spinal, menahan struktur pengatur rasa sakit di pusat tulang belakang.
Baca SelengkapnyaCara Menghack Tubuh Manusia

10 desain sempurna pada bumi

Empunya febri ramadana

Salah satu temuan mutakhir di dunia sains yang menjadi buah bibir di kalangan ilmuwan adalah apa yang disebut prinsip antropis.

Prinsip ini mengungkapkan bahwa setiap detail yang terdapat di alam semesta telah dirancang dengan ketepatan yang sempurna untuk memungkinkan manusia hidup. Contoh kecil dari prinsip antropis ini dapat kita temukan pada fakta-fakta yang berkaitan dengan keberadaan bumi.

Dalam hal ini, seorang astronom amerika Hugh Ross dalam bukunya yang berjudul 'The Fingerprint of God, Recent Scientific Discoveries Reveal The Unmistakable Identitiy of The Creator' telah membuat daftarnya sendiri sebagai berikut:

1. Jarak bumi dengan matahari
Jarak matahari ke bumi adalah 149.669.000 kilometer (atau 93.000.000 mil). Jarak ini dikenal sebagai satuan astronomi dan biasa dibulatkan (untuk penyederhanaan hitungan) menjadi 148 juta km.

Dibandingkan dengan bumi, diameter matahari kira-kira 112 kalinya. Gaya tarik matahari kira-kira 30 kali gaya tarik bumi. Sinar matahari menempuh masa 8 menit untuk sampai ke bumi.

Jika lebih jauh:
Planet bumi akan terlalu dingin bagi siklus air yang stabil.

Jika lebih dekat:
Planet bumi akan terlalu panas bagi siklus air yang stabil

Baca Selengkapnya10 desain sempurna pada bumi

10 Fakta Unik Tentang Otak Manusia

Empunya febri ramadana

Otak merupakan salah satu bagian dalam anggota tubuh yang memiliki peran yang sangat penting. Dalam kondisi yang tanpa disadari oleh setiap individu tentang mekanisme cara kerja otak, berikut ini beberapa fakta yang mungkin bisa membuat anda setidak - tidaknya mengetahui dan menghargai pentingnya teman anda yang satu ini.

Silahkan dibaca dengan sangat hati - hati dan pelan - pelan..



Baca Selengkapnya10 Fakta Unik Tentang Otak Manusia

Modern Tank Encyclopedia

Empunya febri ramadana

M1A2 Abrams (U.S.A)






Weight 67.6 short tons (61.4 tonnes)
Length Gun forward: 32.04 ft (9.77 m)
Hull length: 26.02 ft (7.93 m)
Width 12 ft (3.66 m)
Height 8 ft (2.44 m)
Crew 4 (commander, gunner, loader, driver)

Primary armament : 120 mm M256 smoothbore cannon
Secondary armament : 1 x .50-caliber (12.7 mm) M2HB heavy machine gun
2 x M240 7.62 mm machine guns (1 pintle-mounted, 1 coaxial)
Engine : AGT-1500C multi-fuel turbine engine 1500 hp (1119 kW)
Power/weight : 24.5 hp/tonne
Operational range : 465.29 km (289 mi)
With NBC system: 449.19 km (279 mi)
Speed Road: 67.72 km/h (42 mph)
Off-road: 48.3 km/h (30 mph)

Baca SelengkapnyaModern Tank Encyclopedia

10 Manusia tertinggi di dunia

Empunya febri ramadana

1.Robert Wadlow,8′ 11.1″

Pasti sudah pada tahu dong dengan raksasa satu ini,pernah disiarin di salah satu televisi swasta di indonesia,Robert Wadlow adalah manusia raksasa tertinggi dalam sejarah. Dia sering disebut sebagai Alton raksasa karena ia datang dari Alton, Illinois. Pada saat kematiannya ia ditimbang 440 pon dan tidak menunjukkan tanda-tanda berhenti berkembang. Dia lahir tahun 1918, tertua dari lima bersaudara. Dia meninggal pada usia 22 tahun akibat infeksi yang disebabkan oleh lecet pada ankle. Peti mati-Nya ditimbang setengah ton dan 12 pallbearers diperlukan untuk melaksanakan. Dia telah dikuburkan dalam sebuah kubah solid beton, keluarganya memiliki ketakutan bilamana tubuhnya akan Diintervensi dengan rasa ingin tahu oleh para pencari berita.






Baca Selengkapnya10 Manusia tertinggi di dunia

monster primitif yg aneh dalam sejarah

Empunya febri ramadana

5. Azhdarchid



Azhdarchids adalah semacam pterosaurus termasuk dalam makhluk terbang terbesar yang pernah ada. Beberapa dari mereka dapat terbang 12-15 meter, dan terlihat seperti pesawat kecil. yang membuat monster ini benar-benar aneh adalah ukuran tubuh mereka, kaki panjang, leher, paruh dan tubuh yang sangat kecil serta sayang relatif kecil. ilmuwan berkata bahwa mereka tidak berburu pada saat terbang, melainkan berjalan di termpat berburu untuk setiap binatang yang mereka bisa tangkan, dan menelan seluruh makanannya yang sebesar ukuran anjing biasa, bahkan ukuran anjing dewasa pun . berdiri dengan posisi merangkak. Azhdarchids dewasa tingginya sebesar jerapah modern dan hampor setinggi T-Rex
Baca Selengkapnyamonster primitif yg aneh dalam sejarah

10 Peringkat Indonesia di Dunia

Empunya febri ramadana

Di dunia internasional ternyata negara kita juga terkenal dan mempunyai peringkat dalam beberapa hal. Dan berikut ini adalah 10 peringkat Indonesia di dunia.

10. INTERNET

Indonesia masuk lingkaran 15 besar dunia dalam kategori pengakses internet terbanyak. Di tingkat Asia, Indonesia masuk 5 besar. Urutan pertama adalah China (298 juta), disusul Amerika Serikat (228 juta), dan Jepang (94 juta).



9. EKONOMI

Lagi-lagi Indonesia masuk dalam 15 besar negara di dunia yang GDP-nya tertinggi. GDP adalah singkatan dari Gross Domestic Product. Pendapatan per kapita penduduknya diperkirakan $3,900. Namun mirisnya, sekitar 17,8% dari 238 juta penduduk berada di bawah garis kemiskinan.
Baca Selengkapnya10 Peringkat Indonesia di Dunia

10 Parasit yang Paling Mengganggu dan Menjijikkan

Empunya febri ramadana

10. Bedbugs

Bedbugs ini semacam kutu kecil yang biasanya hidup di dalam atau di sekitar kasur. Umumnya mereka cari makan di malam hari, walaupun siang hari terkadang mereka cari makan juga.



Karena ukurannya yang kecil, bedbugs bisa bersembunyi di kasur, di sela-sela kasur, di bawah bantal, di lubang-lubang sekrup, karpet, retakan-retakan dinding, dan di kamar-kamar yang kotor dan tidak terawat.
Baca Selengkapnya10 Parasit yang Paling Mengganggu dan Menjijikkan

10 misteri terbesar di dunia

Empunya febri ramadana

1. PENCIPTAAN MANUSIA :

Charles Darwin pernah menawarkan teori bahwa manusia adalah hasil evolusi dari kera. Jika demikian halnya, maka “seharusnya” manusia akan terus berevolusi menjadi mahluk yang lebih baik. Namun faktanya, sudah lebih dari 2000 tahun, tidak ada perubahan pada manusia. Apakah itu berarti evolusi berhenti?


2. JALAN BIMINI :
Para diver (penyelam) yang tentu pernah melihat sebentuk jalan setapak di bawah laut utara Pulau Bimini di Kepulauan Bahama. Banyak orang berpendapat jalan setapak itu dibuat oleh alam. Namun penataan batu jalan itu menimbulkan pertanyaan lanjutan karena terlalu “rapi”. Beberapa ahli menduga jalan itu adalah bagian dari Kota Atlantis
Baca Selengkapnya10 misteri terbesar di dunia

Cara Lain Menghitung Perkalian dengan Mudah

Empunya febri ramadana

Bagi sebagian anak matematika adalah pelajaran yang sangat menakutkan. Bukan hanya anak-anak, orang dewasa pun banyak yang menghindari matematika. Seperti sahabat saya beberapa waktu lalu yang stress hanya gara-gara nemu soal matematika saat mengikuti test tertulis seleksi penerimaan pegawai. Padahal hanya soal-soal statistik sederhana untuk mencari mean, modus dan median, tapi benar-benar membuat dia putus asa dan begitu pesimis kalau dia nggak bakalan diterima bekerja.

Matematika mempunyai jenjang dan aturan pemahaman yang jelas. Seorang siswa kelas 4 SD akan mengalami kesulitan mempelajari matematika jika materi pelajaran kelas 1, 2, dan 3 tidak dikuasai dengan baik. Penjumlahan, pengurangan, pembagian, perkalian pecahan dan juga dasar-dasar perhitungan yang lain harus dapat dikuasai siswa dengan baik agar siswa yang bersangkutan tidak mengalami kesulitan yang lebih besar pada tingkat selanjutnya.

Kunci utama matematika sesungguhnya adalah kecermatan. Lewat kecermatan inilah kita bisa menentukan, mana dan di mana jalan keluar yang terbaik untuk menjawab soal.

Perkalian Angka antara 11 sampai 15

Formasi Jari untuk angka 11 sampai 15

Baca SelengkapnyaCara Lain Menghitung Perkalian dengan Mudah

Fakta Tentang Petir

Empunya febri ramadana


Berikut fakta-fakta tentang petir dari yang Ilmiah sampai yang unik :

1. Sambaran petir permukaan bumi dalam waktu 20 milidetik, dan sambaran dengan arah berlawanan menuju ke awan dalam tempo 70 mikrodetik. Secara keseluruhan petir berlangsung dalam waktu hingga setengah detik.

2. Suara gemuruh a.k.a halilintar yang mengikutinya disebabkan oleh pemanasan mendadak dari udara di sekitar jalur petir. Akibatnya, udara tersebut memuai dengan kecepatan melebihi kecepatan suara, meskipun gelombang kejutnya kembali ke gelombang suara normal dalam rentang beberapa meter. Gelombang suara terbentuk mengikuti udara atmosfer dan bentuk permukaan setelahnya. Itulah alasan terjadinya guntur dan petir yang susul-menyusul.

3. Tidak semua awan dapat menghasilkan petir. Hanya awan cumulonimbus yang menghasilkan petir
Baca SelengkapnyaFakta Tentang Petir

Fakta Mengerikan Tentang Bulan

Empunya febri ramadana



Usia Bulan:
Usia bulan lebih tua dari yang diperkirakan, bahkan diperkirakan lebih tua daripada bulan dan matahari itu sendiri! Umur Bumi paling tua yang bisa diperkirakan adalah 4.6 Milyar tahun. Sementara itu batuan Bulan malah sudah berumur 5.3 Milyar tahun. Bulan lebih tua 1 milyar tahun ketimbang Bumi!
Baca SelengkapnyaFakta Mengerikan Tentang Bulan

Fakta Mengerikan Seputar Planet Venus

Empunya febri ramadana

Meski planet kedua di tata surya ini memiliki nama serupa dewi cinta Roma namun planet ini tak penuh cinta. Untuk permulaan, permukaan planet ini mencapai 900 derajat Fahrenheit.



Karenanya, planet kedua ini dinobatkan sebagai planet terpanas di tata surya. Lebih buruk lagi, selimut tebal karbon dioksida menekan 92 kali tekanan atmosfer Bumi di lanskap kering. Awan kusam yang menghalangi pandangan pada permukaan planet itu merupakan asam sulfur.
Seperti dibayangkan, mempelajari Venus terbukti menjadi pekerjaan sulit. Sedikit demi sedikit, ilmuwan mempelajari lebih banyak mengenai tetangga Bumi ini. Berikut beberapa misteris terbesar mengenai obyek paling terang di langit setelah matahari dan bulan.

Iklim serupa Bumi
Venus kadang disebut sebagai ‘kembaran jahat’ Bumi. Dalam ukuran, komposisi dan lokasi orbit, neraka Venus sebenarnya planet termirip Bumi. Di awal sejarah Venus, para ilmuwan menduga dunia itu sangat mirip Bumi, dengan lautan dan iklim lebih dingin.
Namun, lebih dari beberapa miliar tahun, efek rumah kaca yang ada sangat berpengaruh. Venus sekitar sepertiga lebih dekat matahari dibanding Bumi. Karenanya, Venus mendapat sinar matahari dua kali lebih banyak. Panas ekstra ini menyebabkan penguapan hebat di awal permukaan air.
Pada akhirnya, uap air terperangkap panas yang lebih panas. Pemanasan lebih lanjut planet ini memicu penguapan yang lebih besar hingga akhirnya lautan pun mengering dan menghilang. “Mekanisme ini masuk akal dari Venus awal yang seperti Bumi menjadi Venus saat ini,” kata kurator Astrobiologi David Grinspoon di Denver Museum of Nature & Science.
Ilmuwan interdisipliner pada misi Venus Express, pesawat ruang angkasa yang mengorbit Venus sejak 2006, ini mencari tahu kapan persisnya dan bagaimana Venus menjadi ‘tungku’ untuk membantu pemodelan perubahan iklim Bumi dan menghindarkan Bumi dari nasib serupa Venus.

Atmosfer berotasi super
Venus memutari porosnya jauh lebih lambat dari Bumi. Alhasil, setahun di Venus serupa 243 hari di Bumi. Berdasar hal ini, diketahui angin di puncak awan Venus bisa mencapai 360 km/jam atau 60 kali kecepatan memutar planet.
Secara proporsional, jika angin serupa muncul di Bumi, angin awan khatulistiwa mencapai kecepatan menakjubkan, 9.650 km/ jam. Pendorong cepatnya rotasi Venus adalah energi sinar matahari, papar Grinspoon. Namun, cara kerja penuh fenomena ini tetap menjadi misteri.

Berputar terbalik
Saat dilihat dari kutub utara matahari, semua planet di tata surya mengorbit matahari dengan arah berlawanan dan semuanya hampir berputar searah sumbunya. Namun tidak untuk Venus. Planet kedua ini memiliki rotasi retrograde seperti Uranus.
Artinya, matahari terbit dari barat dan terbenam di timur di planet itu. Perputaran searah jarum jam ini mungkin hasil tabrakan kosmik awal dalam sejarah Venus.

Petir misterius

Petir dari awan Venus hingga kini masih menjadi pertanyaan terbuka. Meski pesawat ruang angkasa Venus Express telah ‘mendengar’ elektromagnetik statis yang secara karakteristik menghasilkan petir di Bumi, kamera belum pernah ‘menangkap’ petir ini, kata Grinspoon.
Cara terbentuknya petir ini juga masih misterius. Di Bumi, peran kunci dimainkan kristal es awan. Di Venus, pasokan bahan ini sangat sedikit dijumpai di atmosfernya yang sangat kering.

Kehidupan Alien di Venus?

Grinspoon mengakui adanya argumen masuk akal mengenai kehidupan Venus, bukan di permukaan planet yang super panas itu namun di awannya. Sekitar 50 km di atas awan seharusnya ada tempat yang bisa dihuni yang memiliki tekanan dan suhu seperti Bumi.
Untuk mendapat energi, makhluk mengambang menyerupai bakteri bisa menggunakan sinar matahari atau bahan kimia di awan. Tentunya, makhluk ini akan mentolerir asam sulfat. Di sisi lain, extremophiles di Bumi menunjukkan, kehidupan bisa berkembang di lingkungan paling keras sekalipun. “Sangat perlu menjelajah awan karena beragam alasan. Salah satunya kemungkinan keberadaan kehidupan eksotis ini,” tutup Grinspoon.

sumber
Baca SelengkapnyaFakta Mengerikan Seputar Planet Venus

33 Hal Geografis yang "TER" di Dunia

Empunya febri ramadana

Berikut adalah hal-hal paling ekstrim di dunia:


* Danau terluas di dunia adalah Laut Kaspia di Azerbaijan - Rusia - Kazakhstan - Turkmenistan - Iran seluas 394.299 km² (152.239 mil²).
* Danau tertinggi di dunia adalah danau Titicaca di Peru yang berada pada ketinggian 12.500 kaki di atas permukaan laut.
* Laut terbesar adalah laut Mediterania yang memiliki luas 1.144.800 mil².
* Samudra terdalam adalah Samudra Pasifik yang memiliki kedalaman rata-rata 13.215 kaki.
* Samudra terbesar adalah Samudra Pasifik yang memiliki luas 60.060.700 mil².
* Samudra terkecil adalah Samudra Arktik yang hanya memiliki luas 5.427.000 mil².
* Teluk terbesar adalah Teluk Meksiko yang memiliki luas 615.000 mil².
* Sungai terpanjang adalah sungai Nil di Afrika sepanjang 6.690 km (4.180 mil).
Baca Selengkapnya33 Hal Geografis yang "TER" di Dunia

10 Tabrakan Terbesar yg di sebabkan oleh Benda luar angkasa

Empunya febri ramadana

Bayangkan menatap kelangit malam dan melihat sebuah titik kecil, lalu titik tersebut berubah menjadi lebih besar dua kali lipatnya, sampai langit malam terlihat agak terang, lalu anda menyadarinya bahwa titik tersebut ukurannya sebesar kota Bandung, lalu membelah udara malam dengan kecepatan suara datang tepat ke arah anda, BOOM !

Dampak kerusakannya seperti Mega tsunami, gempa bumi, gunung meletus di penjuru bumi dan hilangnya siang hari yang menjadi gelap selama bertahun-tahun, untuk anda yang selamat ia akan membunuh anda pelan-pelan.

Hasilnya sekarang kita akan lihat kawah terbesar pada daerah – daerah dibelahan bumi lain yang pernah tertabrak asteroid, disusun berdasarkan diameter yang ditinggalkan.


10. Kawah Barringer, Arizona, Amerika Serikat



49.000 tahun lalu batu bintang ukurannya “hanya” 150 ft dan berat +/- 300.000 ton mengandung nikel dan besi dengan kecepatan 40.000 mil/jam menabrak bumi, hasil dari tabrakan meteor ini dapat dilihat 55 km sebelah timur Flasgaff, Arizona USA dinamakan kawah Barringer. Kawa
Baca Selengkapnya10 Tabrakan Terbesar yg di sebabkan oleh Benda luar angkasa

10 Cuaca Paling Ekstrim di Tata Surya

Empunya febri ramadana


10. Serious Lightining (Petir Terparah)

Pesawat ruang angkasa NASA Cassini telah melihat sebuah badai listrik di Saturnus yang lebih besar daripada badai listrik daratan Amerika Serikat , dengan kilatan petir yang 1.000 kali lebih kuat daripada di Bumi.

Badai petir yang membentang 2.175 mil (3.500 kilometer) dari utara ke selatan dan memancarkan suara radio yang sama dengan yang dihasilkan di bumi.
Baca Selengkapnya10 Cuaca Paling Ekstrim di Tata Surya

5 Patung Paling Kontroversial di Indonesia

Empunya febri ramadana

1. Patung Obama




Setelah menjadi kontroversi, patung Obama Kecil yang terpasang di Taman Menteng, Jakarta Pusat, dipindahkan, Minggu (14/2/2010) malam ke SD 01 Menteng. Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo menyetujui aspirasi masyarakat untuk memindahkan "Barry Dreams Statue" di bekas sekolah Barack Obama secara permanen.
Keberadaan patung Obama kecil di Taman Menteng menuai protes banyak kalangan karena dinilai tidak pantas mengingat Obama tidak memiliki jasa pada Indonesia. Banyak kalangan menganggap masih banyak tokoh negara ini yang lebih pantas. Patung perunggu dengan tinggi dua meter dirancang seorang seniman patung Ancol bernama Edi Chaniago. Pembangunan patung ini digagas oleh lembaga 'Friends of Obama.'
Baca Selengkapnya5 Patung Paling Kontroversial di Indonesia
Share
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...