Fakta Tentang Petir

Empunya Unknown


Berikut fakta-fakta tentang petir dari yang Ilmiah sampai yang unik :

1. Sambaran petir permukaan bumi dalam waktu 20 milidetik, dan sambaran dengan arah berlawanan menuju ke awan dalam tempo 70 mikrodetik. Secara keseluruhan petir berlangsung dalam waktu hingga setengah detik.

2. Suara gemuruh a.k.a halilintar yang mengikutinya disebabkan oleh pemanasan mendadak dari udara di sekitar jalur petir. Akibatnya, udara tersebut memuai dengan kecepatan melebihi kecepatan suara, meskipun gelombang kejutnya kembali ke gelombang suara normal dalam rentang beberapa meter. Gelombang suara terbentuk mengikuti udara atmosfer dan bentuk permukaan setelahnya. Itulah alasan terjadinya guntur dan petir yang susul-menyusul.

3. Tidak semua awan dapat menghasilkan petir. Hanya awan cumulonimbus yang menghasilkan petir


4. Petir terjadi karena pelepasan muatan listrik dari satu awan cumulonimbus ke awan lainnya, atau dari awan langsung ke Bumi.

5. Petir dapat menyambar sebelum, pada saat, atau setelah hujan. Bahkan, petir kerap muncul di langit biru pada cuaca cerah.

6. Sambaran petir dapat menyatukan nitrogen dan oksigen di udara sehingga saat menyambar di tanah dapat menyuburkan tanah tersebut.

7. Petir dapat menyambar tempat yang sama berulang-ulang, terutama tempat tinggi dan berujung lancip, seperti beberapa gedung pencakar langit. Contohnya Menara Eiffel yang disambar petir hampir 30 kali setiap tahunnya.
Show Eiffel


8. Setiap detik, kira-kira 2.000 hujan badai petir terjadi di Bumi.

9. Ada tempat di Florida yang sering disambar petir sampai dijuluki sebagai “lorong petir”

10. Indonesia merupakan negara dengan sambaran petir cukup tinggi. Dikarenakan kondisi meteorologis Indonesia memang sangat ideal bagi terciptanya petir. Tiga syarat pembentukan petir yaitu udara naik, kelembaban, dan partikel bebas atau aerosol, terpenuhi dengan baik di Indonesia sebagai negara maritim.

11. Energi yang dilepaskan oleh satu sambaran petir lebih besar dari pada yang dihasilkan oleh seluruh pusat pembangkit tenaga listrik di Amerika.

12. Sebuah sambaran petir berukuran rata-rata memiliki energi yang dapat menyalakan sebuah bola lampu 100 watt selama lebih dari 3 bulan.

13. Halilintar dapat menghancurkan bangunan, membunuh manusia, dan memusnahkan pohon apabila mengenai langsung.

14. Pada tahun 1977, sebuah pesawat terbang memasuki awan hujan badai dan keempat mesinnya mati. Petir menyambarnya dan baling-baling mesinnya kembali berputar.

15. Pemancing ikan 2 kali lebih beresiko untuk disambar petir dibandingkan pemain golf, tapi keduanya sama-sama beresiko karena memegang bahan metal.

16. Kaktus Saguaro di Amerika tumbuh tinggi dan sering disambar petir. Air di dalam kaktus langsung mendidih menjadi uap panas dalam waktu sepersekian detik. Lalu kaktus itu meledak.

Share
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...