Sejarah Nama Keluarga di Korea (Kim, Park, Lee, dll)

Empunya febri ramadana

Agan-agan pecinta Korea pasti pengen tau kan sejarah nama keluarga orang Korea seperti Kim, Lee, Park, Choi, dll ??

Sebenernya gan nama Kim merupakan nama keluarga terbesar di Korea. Jika pernah berkunjung ke Korea atau tinggal beberapa saat di Korea, coba ingat berapa banyak Anda bertemu dengan warga Korea yang bermarga Kim ?? Pasti sangat banyak..

Selain marga Kim, ada 2 lagi marga yang besar di Korea yaitu Lee dan Park. Namun yang terbesar adalah nama keluarga Kim. Sehingga jangan terkejut jika berkunjung ke Korea, 3 nama di atas merupakan nama keluarga yang akan sering anda jumpai.

Nih gan dafta 10 Marga terbesar di Korea :





Menurut sensus tahun 2000, ada sekitar 290 nama keluarga yang terdaftar dan nama keluarga ‘Kim’ berada di urutan pertama dengan 22% dari populasi Korea, diikuti oleh Lee (15%) dan Park (9%). Jika dilihat, ke-3 nama keluarga tersebut sudah mencapai hampir setengah populasi rakyat Korea.

Sejarah nama keluarga sudah ada sejak zaman dahulu. Sebagai contoh, Jumong , pendiri Kerajaan Goguryeo menggunakan Go sebagai nama keluarganya. Asal mula nama marga Kim juga hampir sama. Marga ‘Kim’ merupakan Nama Pendiri Gaya Confederacy (Kim Suro) yang menjadikan nama Kim menjadi nama keluarganya.


Masa Korea jaman dahulu, hanya kaum bangsawan yang boleh memiliki nama keluarga. Namun pada Dinasti Joseon, sistem kasta di Korea dihapuskan dan seluruh keluarga di Korea mendapatkan nama keluarga. Dan masyarakat Korea pun banyak mengadopsi nama-nama keluarga Bangsawan Korea, seperti Kim, Lee dan Park. Dari situlah mengapa 3 nama keluarga tersebut menjadi nama yang banyak ada di Korea hingga sekarang.


Pemberian nama Marga di Korea sama seperti di negara lainnya yaitu berdasarkan garis keturunan dari ayah. Seperti jika ayahmu memiliki marga Kim dan ibumu memiliki marga Park maka kamu akan memiliki marga Kim. Sama halnya seperti suku Batak, Manado, atau yang lainnya.

Share
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...